Rabu, 04 November 2009

Profil J-Rocks

J-Rocks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
J-Rocks
Jrocks.jpg
j-Rockstar
Latar belakang
Lahir 9 November 2003
Flag of Indonesia.svg Jakarta, Indonesia
Genre Japanese Rock
Tahun aktif 2003 - sekarang
Perusahaan rekaman Aquarius Musikindo
Dipengaruhi L'Arc~en~Ciel, Muse
Situs resmi http://j-rockstar.net
Anggota
Swara Wima Yoga - bass
Iman Taufik Rachman - vokal, gitar
Sony Ismail Robbayani - gitar
Anton Rudy Kelces - drum

J-Rocks adalah band yang berdiri pada 9 November2003 dengan personil Iman (vokal, gitar), Sony (gitar), Wima (bas), dan Anton (drum). Aliran band mereka adalah Japanese pop/rock. Album perdana mereka, Topeng Sahabat dirilis pada tahun 2005 dan mengisi dua lagu di album OST Dealova yaitu "Into the Silent" dan "Serba Salah". Saat ini mereka dinaungi oleh label Aquarius Musikindo. Pencinta J-Rocks biasa disebut J-Rockstars.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah

Nama J-rocks sempat menjadi pembicaraan hangat di kalangan pecinta musik Jepang di Indonesia karena nama ini seakan mewakili genre Japanese Rock. Inspirasi nama J-ROCKSTARS adalah dari sebuah stiker bertuliskan ROCKSTAR, dengan harapan suatu saat akan menjadi Rockstar (bintang musik rock). Tambahan huruf J di depannya untuk mewakili band itu sendiri dengan alasan J bisa berarti Jepang karena awalnya mereka memainkan J-Music, Jakarta karena mereka berasal dari Jakarta, Jujur dalam bermusik dalam artian memainkan apa yang bener-bener mereka suka dan ingin memainkan musik yang ber-soul (jiwa). Nama J-ROCKSTARS akhirnya disingkat menjadi J-ROCKS karena adanya masalah penyebutan, sementara nama J-ROCKSTARS sendiri menjadi nama dari fans J-ROCKS.

Awal 2004, JRS (singkatan dari J-ROCKSTARS) mengikuti festival musik Nescafe Get Started 2004 yang disponsori oleh Nescafe, Trans TV, dan Aquarius Musikindo. Masing-masing personil meraih best vocalist, best guitarist, best bassist, dan best drummer. Mereka berhasil menjuarai festival tersebut dan berkesempatan membuat album kompilasi Nescafe Get Started yang merupakan awal bentuk kerjasama mereka dengan Aquarius Musikindo. Mereka akhirnya berhasil meluncurkan album perdana nya yang bertajuk "Topeng Sahabat" dengan label Aquarius pada pertengahan tahun 2005.

Band ini semakin dikenal sejak munculnya album kedua Spirit, J-Rocks memainkan bermacam-macam beat dan aliran musik seperti Rock 'n Roll (Juwita Hati), Waltz/ Victorian (Tersesal), blues, klasik ;;(classic), dan lain sebagainya.

Pada lagu berjudul "Kau Curi Lagi" mereka memperkenalkan gitaris wanita, Prisa Rianzi dan pada lagu "Juwita Hati" mereka membuat video klip di Jepang yang digarap oleh Hedy Suryawan. Shalvynne Chang , Sato , Boppy pada video klip ini berperan sebagai fans J-Rocks yang mengejar idolanya dari Indonesia sampai ke Jepang. Konsep yang menarik membuat video klip ini populer di Indonesia.

J-Rocks mengukir sejarah sebagai band Indonesia pertama yang rekaman di studio legendaris Abbey Road, Inggris. Proses rekaman dan mixing lagu-lagu terbaru mereka itu rencananya akan dilakukan selama lima hari dari tanggal 12 sampai 16 Oktober 2008.

Kesempatan berharga ini diperoleh J-Rocks karena mereka terpilih menjadi band terbaik di ajang A Mild Live Soundrenaline 2008. Band yang digawangi Iman (vokal dan gitar), Sony (gitar), Wima (bas), dan Anton (drum) ini terpilih sebagai band terbaik di ajang tersebut karena mampu tampil sesuai dengan tema free your voice dan berhasil membawa tema save our music and culture.

Bagi band yang beraliran Japanese pop/rock itu, perjalanan menuju Abbey Road Studios diharapkan bisa menjadi pintu gerbang untuk bisa go international. Untuk rekaman nanti mereka menyiapkan tiga lagu singel yang rencananya akan dirilis oleh PT Aquarius Musikindo. Lagu-lagu tersebut sementara diberi judul Falling Love, Hanya Aku, dan Meraih Mimpi.

Di Abbey Road nanti mereka akan ditangani oleh Chris Butler, sound engineer ternama yang pernah menangani band Oasis, Supergrass, dan Divine Comedy. Abbey Road Studios didirikan pada November 1931 oleh EMI di London. Sejumlah artis musik tersohor pernah merekam lagu mereka di studio itu, seperti The Beatles, Pink Floyd, Oasis, Josh Groban, Radiohead, Muse, Green Day, Spice Girls dan U2. (bug/tempointeraktif)

[sunting] Diskografi

J-Rocks memulai karirnya ditahun 2005 dengan album Topeng Sahabat dan mengeluarkan empat singel, diikuti dua tahun kemudian mereka kembali mengeluarkan album bertitel Spirit ditahun 2007. Terakhir, ditahun 2009 mereka mengeluarkan album ketiga mereka yang dibuat mini-version dan direkam langsung di Abbey Studio di Inggris, membuat J-Rocks menjadi band pertama di Indonesia yang pernah rekaman disana.

[sunting] Album studio

Tahun Rilis Judul Posisi Angka Penjualan
2005 Topeng Sahabat 3 340.500 kopi
2007 Spirit 1 400.000 kopi
2009 Road To Abbey 1 130.300 kopi

[sunting] Lagu studio

Tahun Judul Album MTV Ampuh Inbox On The Spot Dahsyat Radio Airplay
2005 Lepaskan Diriku Topeng Sahabat 1 (3 Minggu) - - - 1 (1 Minggu)
2005 Ceria Topeng Sahabat 1 (3 Minggu) - - - 1 (1 Minggu)
2005 Berharap Kau Kembali Topeng Sahabat 2 - - - 3
2005 Topeng Sahabat Topeng Sahabat 6 - - - 3
2007 Kau Curi Lagi (feat. Prisa) Spirit 1 (4 Minggu) 2 - - 1 (2 Minggu)
2007 Juwita Hati Spirit 12 4 - - 1 (2 Minggu)
2008 Cobalah Kau Mengerti Spirit 1 (2 Minggu) 2 - 1 (6 hari) 1 (2 Minggu)
2008 Meraih Mimpi Road To Abbey - - - - 3
2009 Fallin' In Love Road To Abbey 1 (6 Minggu) 1 (2 Minggu)' 1 (1 Minggu) 1 (14 Hari) 1 (4 Minggu)

[sunting] Kontroversi

Banyak fans fanatik musik Jepang di Indonesia yang menuding bahwa dalam membuat lagunya J-rocks meniru lagu-lagu buatan band-band Jepang, terutama lagu-lagu dari band L'Arc~en~Ciel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar